Hebatnya industri INTERNET, kisah sebuah industri yang melesat cepat


January 9th, 2009 • Related • Filed Under
Setelah membaca posting pertama dan kedua, saya rasa Anda sudah mulai menemukan gambaran besar tentang kehebatan industri internet. Kehebatan industri internet tidak dapat disangkal telah menjadi kekuatan tersendiri yang tidak kalah dengan industri offline lainnya. Dan mau diakui atau tidak, industri internet bakal menjadi motor dan penggerak industri di masa depan.
Sebab bagaimanapun nantinya semua industri konvensional harus berkompromi memakai internet. Bahkan meski sesederhana apapun usaha yang Anda bangun, nantinya Anda tidak dapat melepaskan diri dari internet. Oleh karena itu, kesadaran awal Anda untuk mulai mengenali dan memanfaatkan internet akan menjadi penentu sukses bisnis Anda di masa depan.
Di posting sebelumnya pernah saya ceritakan kalau pendapatan iklan di internet terus menanjak. Sedangkan kondisi yang sebaliknya justru dialami media offline yang bahkan ada yang mengalami kebangkrutan.
Mudah dipahami mengapa iklan menjadi salah satu sumber utama kokohnya industri internet. Karena bisnis (apapun) jika ingin maju harus mau berpromosi. Salah satu cara berpromosi adalah lewat iklan. Untuk itu layak jika penerbit iklan seperti Adsense misalnya bisa berkembang sangat pesat. Atau tidak perlu jauh-jauh, untuk sejumlah PPC lokal seperti AdsenseCamp, KumpulBlogger, KlikSaya, buktinya juga bisa terus tegak berkembang.
Dan sekadar tahu, potensi iklan online di Indonesia masih sangat terbuka. Dari sekitar budget belanja iklan belanja setiap tahun perusahaan di Indonesia yang mencapai Rp 70 triliun,untuk iklan onlne baru menyerap hanya sekitar Rp 80 miliar. Dengan kecenderungan akan beralihnya para pengiklan ke dunia online nantinya, ini menjadi lahan empuk yang sayang untuk dilewatkan.
Selain iklan, potensi lain di internet ada pada jual beli online. Perlahan namun pasti masyarakat Indonesia akan semakin melek internet dan tidak luput menjadikannya sebagai saluran jual beli. Merujuk kepada nilai transaksi jual beli lewat internet di Amerika Serikat yang tahun lalu mencapai total transaksi sekitarRp 3.600 triliun dan yang di Eropa mencapai sekitar Rp 3.000 triliun, nantinya saya yakin negeri kita akan menuju ke sana.
Sekarang pun, meski belum ada data pasti jumlah besarnya nilai transaksi online di Indonesia, namun kalau melihat keberhasilan sejumlah pebisnis yang menekuni penjualan lewat online, hasilnya saya rasa cukup menggembirakan. Di http://www.gepukfood.com saja bisa beromset sekitar Rp 150 juta per bulan hanya dengan berjualan bumbu.
Era industri internet mendatang saya kira juga akan didominasi dengan web berbasis layanan (service). Web yang menyediakan berbagai layanan yang dibutuhkan pengguna internet akan menjadi pemenangnya. Sekedar contoh seperti Google yang memiliki berbagai layanan, dari search engine, email, google trend, blogger, dan lainnya pada kuartal kedua tahun 2008 lalu membukukan pendapatan sekitar USD5,37 miliar. Atau meningkat 39 persen dibanding periode yang sama tahun 2007. Begitulah kehebatan industri internet, kisah industri yang berkembang begitu pesat. Jauh melebihi yang pernah dicapai industri-industri lain sebelumnya.
Yang jelas, wajah dunia mendatang tidak akan dapat dilepaskan dari perkembangan industri internet. Dan Anda yang mengenali dan mempersiapkannya sejak dini untuk terjun ke sana, kemungkinan besar akan menjadi yang terdepan.
Salam hebad!

Published in: on 22 January 2010 at 2:25 pm  Leave a Comment  
Tags:

The URI to TrackBack this entry is: https://one2land.wordpress.com/2010/01/22/hebatnya-industri-internet-kisah-sebuah-industri-yang-melesat-cepat/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: