Cari partner atau lakukan kerjasama agar bisnis Anda SUKSES! (Kisah sukses Google, Yahoo, dan Microsoft)


January 22th, 2010 • Related • Filed Under

Jangan percaya kalau ada orang yang bilang meraih sukses dan itu dilakukannya seorang diri. Sukses tidak terjadi di ruang hampa. Sukses memerlukan kerja sama dan bantuan orang lain. Sukses terjadi akibat persinggungan dan persentuhan kita dengan pihak lain.
Banyak contoh menunjukkan beberapa raksasa di industry internet atau dunia komputer lahir dari sebuah kerjasama. Sebagai contoh Larry Page dan Sergey Brin, co-founder Google termasuk di antaranya. Mereka bekerjasama membangun Google sejak 1995. Larry yang waktu itu berusia 22 tahun dan Sergey setahun lebih muda, bertemu di Universitas Stanford.
Diawali dengan pembuatan search engine bernama BackRub, kolaborasi Larry dan Sergey, sukses menarik dukungan dari Andy Bechtolsheim, pendiri Sun Microsystem, yang menyuntikkan dana senilai 100 ribu dolar AS. Kemudian disusul Michael Moritz (Sequa Capital) dan Jhon Doer (Kleiner Perkins), investor dari Silicon Valley, yang memberikan modal senilai 12,5 juta dolar AS. Kemudian Eric E. Schdimt masuk pada 2001 menambah kekuatan Google. Pada 2004, mereka sukses membawa Google ke lantai bursa saham.
Contoh lain, datang dari Yahoo!. Duet kompak Jerry Yang dan David Filo membawa Yahoo! ke puncak sukses yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Sama seperti pendiri Google, mereka memulai saat masih kuliah di Universitas Stanford.
Mereka memulai dengan menciptakan website “Jerry’s Guide to the World Wide Web” pada 1994, yang berisi direktori situs-situs lain yang mereka gemari. Saat itu, kerjasama dan pembagian tugas mereka lakukan dengan apik. Jerry Yang berperan di konten, sedangkan David Filo yang mengurus piranti lunaknya.
Pada Maret 1995, mereka pun menggandeng para pemilik lembaga modal Ventura Silicon Valley. Kemudian, mereka bekerja sama dengan Sequa Capital, sebuah perusahaan investasi, yang menyuntikkan dana hampir 2 juta US dollar. Tidak lama kemudian pada April 1996, Yahoo! sukses go public.
Hal yang sama terjadi pada Microsoft. Co-foundernya yaitu Bill Gates dan Paul Allen saling mengenal saat masih SMP. Saat itu pun mereka sudah mahir membuat software. Lalu saat kuliah di Universitas Harvard, Bill Gates bertemu dengan Steve Ballmer. Ketiga orang itu yang kemudian saling bekerjasama dan membesarkan Microsoft sampai sukses seperti sekarang.
Apa pelajaran dari kisah sukses Google, Yahoo, dan Microsoft ini?
Menurut saya hikmahnya jelas kalau mau sukses jangan sampai melakukan bisnis seorang diri. Tidak ada sejarahnya sebuah bisnis yang berhasil hanya dikelola sendirian. Di belakang sebuah usaha yang sukses, pastilah berdiri banyak orang yang mendukung bisnis itu.
Oleh karena itu, kita perlu partner atau bekerjasama dengan orang lain. Dalam memilih mitra, sebaiknya memilih partner yang memiliki visi yang sama dan bisa saling melengkapi. Misalkan Anda ahli dalam strategi bisnis, namun tidak terlalu suka marketing, Anda bisa cari partner yang memang mumpuni dalam marketing. Misalnya Anda punya rencana bisnis yang bagus tapi tidak punya modal, carilah investor yang mau memodalinya.
Yang penting jangan pernah hanya mengandalkan diri Anda sendiri. Ada banyak orang hebat di luar bisnis Anda yang bisa Anda jadikan partner dan mendukung usaha Anda.
Tidak ada superman dalam bisnis. Yang ada hanyalah superteam. Untuk meraih sukses, pebisnis harus mau bekerjasama. Kerjasama akan menguatkan dan memperkokoh bisnis Anda. Kerjasama akan menambal kekurangan yang Anda miliki.
Salam HebaD!!!

Published in: on 22 January 2010 at 2:07 pm  Leave a Comment  
Tags:

The URI to TrackBack this entry is: https://one2land.wordpress.com/2010/01/22/cari-partner-atau-lakukan-kerjasama-agar-bisnis-anda-sukses-kisah-sukses-google-yahoo-dan-microsoft/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: