10 website paling bersinar tahun 2009


January 22th, 2010 • RelatedFiled Under

Filed Under: Inovatif & Kreatif

Tags: Facebookhi5inovatif dan kreatifPC Worldsocial inter-networksocial networkTwitterwebsite baguswebsite terbaikwebsite terhebat

Setelah Facebook yang begitu fenomenal, what’s the next?

Jawabannya saya temukan dalam Majalah PC World edisi April 2009. Mark Sullivan, Senior Associate Editor majalah tersebut, menulis 10 website yang akan bersinar tahun 2009 ini. Dia memprediksi kesepuluh website tersebut akan menjadi penantang serius bagi website-website yang lebih dulu mapan.

Mau tahu siapa saja deretan 10 website yang diprediksi meraih sukses besar (versi Majalah PC World) tersebut?

Berikut ini daftarnya:

  1. TV.com. Website milik CBS ini berisi acara televisi dan film berdurasi penuh dari Metro Goldwyn-Mayer, PBS, dan Sony, serta CBS sendiri tentunya. TV.com diluncurkan kembali pada bulan Januari lalu. Sebelumnya saat website ini hanya berisi tayangan durasi singkat (bukan tayangan berdurasi penuh) namun sudah sukses mendatangkan 16,5 juta pengunjung tiap bulannya. Wow!
  2. Qik. Merupakan website yang menyediakan platform yang membuat Anda bisa mengirim dan berbagi video secara live dari kamera ponsel Anda. Jadi Anda yang sedang di Jakarta misalnya bisa melihat secara live video teman Anda di New York. Kelebihannya lagi, setelah di-streaming ke Qik, Qik bisa sekaligus mengirimkan ke You Tube, blog Anda atau halaman Facebook Anda. Untuk menggunakannya tidak harus memakai smart phone, ponsel yang support Java sudah bisa melakukannya.
  3. Boxee. Website ini mengumpulkan video dari berbagai website seperti Youtube, CNN, dan lainnya dan diatur sedemikian rupa agar mudah digunakan. Enaknya Anda tidak perlu berkeliling ke banyak website, cukup mencarinya di Boxee.
  4. BlackBerry Application Storefront. Demam BlackBerry di seluruh dunia membuat website yang menyediakan berbagai hal seputar Blackberry ini ikut dimasukkan. Jadi bagi penggemar Black Berry tinggal melongok ke website untuk mengetahui produk. Kabarnya websitenya diluncurkan Maret ini.
  5. Loopt. Website ini menggabungkan konsep social network dengan lokasi geografis. Jadi, terdapat peta yang menunjukkan dimana posisi Anda dan teman-teman Anda. Ketika Anda mengklik sebuah lokasi, langsung Loopt mendeteksi berbagai bisnis yang ada di sana. Juga menampilkan tempat bertemu yang sesuai minat Anda, seperti misalnya rumah makan, bar, dan lainnya.
  6. Blip.fm. Kombinasi musik dan pesan singkat ala Twitter. Anda bisa melihat daftar lagu pilihan orang-orang, dan bisa mendengarkannya. Bagi penggemar musik, Blip.fm layak menjadi website favorit.
  7. Power.com. Bagi yang bergabung di banyak social network, website ini bisa menjawab kerumitan Anda selama ini yang harus masuk ke setiap social network satu persatu. Cukup masuk ke Power.com dan Anda bisa terhubung ke semua social network Anda. Karena itu website ini disebut “social inter-networking”.
  8. Tweetag. Merupakan search engine untuk mencari tweet. Tweet adalah istilah content di Twitter. So, dengan Tweetag, Anda bisa mencari topik yang tengah hangat dibahas di Twitter.
  9. Hi5. Social network terbesar ketiga di dunia yang memiliki 60 juta pengunjung unik tiap bulan ini masuk dalam 10 website paling bersinar tahun ini.
  10. Tripit. Pernah dengar? Saya pun baru tahu saat menuliskanya ini. Tripit sangat cocok bagi yang sering bepergian. Ibaratnya Tripit adalah asisten perjalanan Anda. Karena di Tripit dilengkapi peta, dinner reservation, laporan cuaca. Pokoknya segala hal yang berkaitan dengan perjalanan bisa Anda dapatkan informasinya di Tripit.

Setelah membaca tulisan di Majalah PC World ini, saya berkesimpulan:

Website yang mampu bertahan di era industri internet adalah yang bersifat social network, menjadi tempat bagi banyak orang untuk berkumpul; menjadi wadah yang lebih besar dari website-website sebelumnya; dan menawarkan suatu yang fresh.

Anda punya pendapat?

Published in: on 22 January 2010 at 1:24 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://one2land.wordpress.com/2010/01/22/10-website-paling-bersinar-tahun-2009/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: