10 filosofi bisnis yang menjadikan Google sukses LUAR BIASA


January 2nd, 2010 • RelatedFiled Under

Filed Under: Inovatif & KreatifMotivasi & Goal Setting

Tags: apa itu bisnisartikel bisnisbisnis itbisnis onlinebisnis suksesdon’ be evilfilosofi bisniskisah googlelangkah bisnisMemulai BisnisMotivasi & Goal Settingnilai bisnisnilai-nilai perusahaanPebisnis Pemula

Anda pasti tahu Google? Ya Google adalah search engine yang paling banyak digunakan di dunia. Namun apakah Anda tahu nilai-nilai yang dipegang Google sampai membuatnya sesukses sekarang? Hal itu yang akan dibahas pada artikel ini.

Mengapa nilai-nilai penting bagi sebuah bisnis? Nilai-nilai itulah yang menjadi ruh sebuah usaha. Dengan nilai-nilai yang dipercayai dan dilaksanakan itu, bisnis Anda memiliki pegangan bagaimana seharusnya bertindak. Nilai-nilai itu pula yang akan memandu langkah-langkah bisnis Anda selanjutnya.

Pasti Anda tidak sabar untuk membaca 10 filosofi bisnis Google. Langsung saja silahkan dinikmati..

Ke-10 filosofi bisnis Google itu sebagai berikut:

  1. Fokuslah pada pengguna, hasilnya pasti mengikuti. Google mendedikasikan setiap pengembangannya untuk kemudahan pengguna. Bisa dilihat dari misalnya tampilan yang bersih dan simple dimaksudkan untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan Google. Loading halaman yang cepat membuat pemakai Google tidak perlu menunggu lama. Iklan yang ditampilkan pun selalu berhubungan dengan kata yang diketikkan.
  2. Melakukan setiap pekerjaan dengan sangat baik. Perbaikan atau improvement terhadap setiap produk yang dikeluarkan Google selalu dilakukan. Ini untuk memastikan agar setiap produk tersebut bisa berfungsi sangat baik bahkan melebihi yang dibayangkan penggunanya. Tengoklah berbagai produk yang dikeluarkan Google. Dari Gmail, Google Earth, Google Maps, sampai Google Latitude, semuanya terus mengalami perbaikan.
  3. Semakin cepat lebih baik. Hal itu dibuktikan Google yang mampu menampilkan segala data dalam hitungan detik. Dan Google terus memperbaharui algoritma pencarian agar data yang muncul lebih cepat dan lebih akurat.
  4. Demokrasi di dunia maya. Google memiliki acuan yang dinamai PageRank„¢. Dengan adanya acuan tersebut, website manapun bisa mendapat page rank tinggi asalkan memenuhi ketentuan tersebut.
  5. Jawaban bisa didapat di manapun. Tidak harus dari komputer desktop yang ada di atas meja, googling bisa dilakukan dari handphone atau PDA. Google yang menjadi pelopor teknologi tersebut.
  6. Mendapatkan uang tanpa menjadi setan. Sekalipun Google mengandalkan pemasukan dari iklan, namun sama sekali Google tidak pernah mencampuradukkan kepentingan bisnis itu dengan sistem pada hasil pencarian. Hasil pada halaman pencarian berjalan objektif dan untuk iklan selalu terpasang tulisan “Sponsored Link”.
  7. Selalu ada banyak informasi di luar sana. Ragam jenis file yang dilettakkan di internet seperti misalnya berbentuk PDF, Microsoft Word, Excel, dan lain sebagainya membuat Google selalu berusaha memperbaiki hasil pencariannya dengan mempertimbangakan berbagai jenis dile tersebut.
  8. Informasi menjangkau tanpa batas. Hasil pencarian Google dikembangkan ke lebih dari 35 bahasa. Juga ada sarana penerjemahan yang memudahkan pengguna untuk memahami teks yang tidak dipahaminya.
  9. Serius tanpa aturan kaku. Di Googleplex, kantor Google, suasana kantor dibuat sedemikian rupa sehingga pegawainya bisa nyaman dalam bekerja. Ide-ide yang dilontarkan pun sangat dihargai. Sehingga arus komunikasi antar pegawai berjalan lancar. Dan mereka merasa sebagai sebuah keluarga besar.
  10. Bagus saja tak cukup. Google selalu berusaha memberikan yang melebihi harapan penggunanya. Lewat inovasi-inovasinya, Google berusaha memberikan kejutan-kejutan yang tidak pernah terbayangkan.

Nah, itulah 10 filosofi bisnis Google. Bagaimana kalau menurut pandangan Anda? Ada kesamaan mungkin dengan nilai-nilai di bisnis yang Anda geluti?

Filosofi bisnis berguna mendukung tindakan yang konsisten, membentuk kredibilitas bisnis, dan menumbuhkan kepercayaan di hati pelanggan.

Salam HebaD!!!

Published in: on 22 January 2010 at 12:59 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://one2land.wordpress.com/2010/01/22/10-filosofi-bisnis-yang-menjadikan-google-sukses-luar-biasa/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: